Mudahnya Belajar Bahasa Arab dengan Metode Mustaqilli

Mudahnya Belajar Bahasa Arab dengan Metode Mustaqilli
Oeloem
Mudahnya belajar bahasa Arab

Mudah Belajar Bahasa Arab

Tahukan anda ?
 
Bahwa hanya 0,5 penduduk muslim Indonesia yang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik.
 
Pertanyaan selanjutnya berapa persen yg mampu memahami Al-Qur’an dan Al-hadist secara benar ?
 
Sungguh sangat Ironis bukan ?
 
Dengan latar belakang keprihatinan output pembelajaran bahasa Arab secara umum termasuk didalamnya membaca kitab tanpa harokat yang dinilai masih sangat sangat lemah dan tentu saja sangat sangat perlu ditingkatkan baik di tataran pendidikan formal, madrasah diniyah bahkan pesantren-pesantren di seluruh pelosok tanah air maupun Asia Tenggara secara umum.
 
Berdasarkan fakta fakta diatas Kh. A Shohib Khaironi (penemu metode Mustaqilli) terdorong untuk mengadakan penelitian-penelitian ilmiah tentang gramatika bahasa Arab terhadap berbagai macam sumber, literatur dan bahasa Arab secara umum kemudian Alhamdulillah kurang lebih 3 tahun solusi tersebut telah ditemukan dengan lahirnya metode Mustaqilli yg sebetulnya kitab asli dinamai dengan kitab “Al-Arabiyyah li Ghoiril ‘Arab” atau bahasa Arab untuk orang bukan Arab yang di dalamnya berisi cara belajar bahasa Arab dengan pendekatan, sestematika dan contoh contoh yang relative sangat-sangat sederhana dan sesuai dengan kultur dan budaya non Arabi khususnya Indonesia dan Asia Tenggara umumnya.
 
Kemudian Mustaqilli dibagi menjadi 5 level, level pertama diperuntukan bagi mereka yg sama sekali belum ada basic atau belum mampu menulis, membaca dan bercakap-cakap. Kemudian ada level dua, tiga, empat yang secara umum telah di desain khusus sesuai kemampuan peserta dan terakhir ada kitab grammar atau nahwu & shorof yg di sajikan melalui pendekatan jadwal, skema yang dapat memudahkan non Arab untuk mempelajarinya dan kitab ini beri nama “Audlohul Manaahij”.
 
Apresiasi dan Penghargaan Nasional dan Internasional
 
Apresiasi dari ulama sekaligus pakar fiqih dunia yang sudah tidak asing lagi bagi kita, yaitu Prof. DR. Wahbah Musthafa Az-zuhaily:
”Buku ini merupakan karya dari seorang yang mempunyai pengetahuan mendalam dalam bahasa Arab. Dengan metodenya, ia menjadikan tata bahasa Arab yang rumit menjadi sederhana dan mudah dipahami”.
 
Apresiasi Pakar Bahasa Arab Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, Syaikh DR Basyiiri Abdul Mu’thy:
“Saya adalah orang Arab yang belum pernah melihat kitab mu’jam Nahwu Shorof yang paling mudah dipahami yang ditulis oleh seorang yang bukan Arab, di mana orang Arab sendiri belum ada atau belum pernah menulis dengan metode seperti ini sampai dengan saat ini”
 
Di Amerika Serikat, kitab ini laku keras. Bahkan, booksurge LLC (Part of The Amazon Group of Company) yang berkedudukan di Charleston, South Carolina-USA turut memperluas penyebaran buku ini ke universitas dan lembaga-lembaga pendidikan di Amerika Serikat, khususnya pada bidang Arabic Program, Islamic Studies, Middle And Near Eastern Studies. Selain di Amerika, kitab ini juga mendapat sambutan luas di Iran sebagai salah satu kitab rujukan dengan kategori kitab terlaris yang mendapat bintang lima book rating. Dan bahkan di Ohio University, buku ini merupakan rujukan utama karena sangat sistematis, lengkap, mudah difahami, dan memadukan teori dengan praktek dengan pendekatan grafik, tabel dan skema.
 
Tokoh-tokoh yang memberikan pujian terhadap kitab ini, antara lain, Professor Adel Gamal (Department of Near Eastern Studies, University of Arizona, USA), Inas Hassan, Ph.D (School of Language – Arabic, University of Maryland, USA), Ramzi Salti, Ph. D (Arabic Language & Literature. Stamford University, USA), Martin Sulzer-Reichel (Director of Arabic and German Language Program, Department Culture of Modern Literatures and Cultures, University of Richmond, USA), Paul O. Myhre, Ph.D (Wabash Center in Association of American Academy of Religion, USA), dan Blackwell Publishers-UK (Book & Resources Review Editor for the Journal Teaching Theology and Religion.
 
Ustadz Agus Shohib Khaironi, penulis metode mustaqilli ini pada 17 Januari 2009 telah mendapatkan anugerah penghargaan dari pemerintah Indonesia bersama 6 tokoh nasional lainnya melalui Departemen Agama sebagai Tokoh yang dinilai telah banyak memberikan pengaruh dan perubahan positif kepada umat.
Sambutan dunia pendidikan dan pesantren di Indonesia terhadap kehadiran metode mustaqilli ini sangat baik. Kementrian Agama telah melakukan pelatihan secara nasional kepada guru-guru madrasah mengenai metode mustaqilli ini. Di samping itu, metode ini juga telah ditransfer ke pesantren-pesantren di berbagai daerah seperti Lampung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan dan berbagai daerah lainnya. Dengan metode baru ini, bahkan pesantren Ushuluddin di Lampung telah cukup berprestasi dalam bidang bahasa Arab, baik di tingkat propinsi maupun tingkat nasional.
 
Ternyata sambutan masyarakat Indonesia terhadap metode mustaqilli ini tidak sebatas hanya pada dunia pendidikan formal dan pesantren saja, tetapi masyarakat umum dari berbagai kalangan juga menyambutnya dengan sangat baik. Hal ini terbukti dari antusiasme peserta kursus bahasa Arab dengan metode ini yang datang dari berbagai kalangan dan dari beragam profesi dan latar belakang pendidikan.
 
Berapa lama waktu yang dibutuhkan ?
 
Apabila diasramakan dalam waktu 6 bulan peserta mampu menguasai bahasa Arab sampai tingkat menengah atau telah sangat siap untuk belajar diluar negeri (Negara yg menggunakan bahasa Arab)
 
9 bulan sudah mahir berbicara, menulis, membaca (kitab tanfa harokat), mengarang mengi’rab dll
 
kalau di kursus regular tergantung alokasi waktu yg disediakan tentunya dan di tempat kami yaitu Kampus Universitas Al-Azhar Indonesia berikut waktu dan pencapaiannya
Level 1 > 28 kali pertemuan
Level 2 > 28 Kali pertemuan
Level 3 > 48 kali pertemuan
Level 4 > 48 kali pertemuan
*dengan durasi per pertemuan 3 jam
 
Testimoni peserta kursus
 
“Lebih kurang setahun saya mengikuti kursus bahasa Arab di Mustaqilli, saya dapat menulis bahasa Arab dan membaca Al-Qur’an dengan baik. Dan lebih menyenangan lagi adalah ketika membaca Al-Qur’an saya seperti merasa kecanduan. Karena saat membaca Al-Qur’an suasana bathin terasa senang Oleh Sebab itu saya menghimbau teman – teman untuk bergabung belajar bahasa Arab, terutama para pensiunan kerena belajar bahasa Arab mencegah kepikunan dan merupakan ibadah kerena bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an dan bahasa syurga”
Azwan Zamzam
Konsultan Pajak Perusahaan Asing
 
“Kebutuhan yang amat sangat di dalam hati saya untuk bisa bahasa Arab dengan tujuan utama saya bisa mengerti bahasa Al-Qur’an, akhirnya Allah kasih jalan, saya akhirnya menemukan tempat kursus dengan nama Mustaqili. Pertama kali belajar deg-degan bisa ga yach, bisa menyesuaikan ga yach, ternyata konsep belajar bahasa arab di Mustaqili mudah di cerna, dengan kita merasa nyaman dan menikmati proses belajarnya. Kalo sudah nikmat, suasana seru dari berbagai latar belakang dan umur. belajar juga jadi mudah. Alhamdulillah”
Eddy Hidayatullah
Manager Div. IT – Perusahaan Swasta
 
“Setelah gabung, kesan pertama yang saya dapet, saya jadi “addict” ? Ini bahasa susah, kaya akan vocabulary, ribet dalam grammar. Tapi cara penyampaian & pengajaran Ustadz-ustadz-nya seolah-olah bikin ini bahasa yang sederhana plus metode Mustaqili-nya pun tepat. Dan ngga cuma pengetahuan tentang bahasa Arab aja yang saya dapet. Teman2 dari latar belakang yang beragam itu udah pasti, pengetahuan tentang agama Islam itu sendiri, Al-Qur’an, hadits, rasul, semuanya saya bisa Jadi gimana saya ngga bisa jatuh cinta sama Mustaqili? Karena apa yang kita perlu “tabung” untuk jadi umat Allah yang baik, salah satunya di program ini. dapet. It’s a package”
Gina Lisdiani
Independent Power Producer
 
“Kurang lebih setahun saya belajar bahasa Arab dg metode Mustaqilli, dan sudah melewati tahapan dasar Mustaqilli, sekarang di level 3. Metode pembelajarannya melalui tahapan yg terarah & terstruktur, sehingga mudah mengikutinya, dan yang paling saya sukai adalah saat latihan menerjemahkan beberapa ayat dalam Al-Quran yg dosisnya disesuaikan dg kemampuan Dampak yg mulai saya rasakan setelah belajar bahasa Arab metode Mustaqilli adalah membaca Al-Quran menjadi lebih nikmat dan menyenangkan. Peserta”
Rika Aningar Fitriasari
PNS Kemenpora RI
 
“Saya tidak menyangka ternyata ada ya belajar bahasa arab sebegitu menyenangkan nya seperti mustaqilli ini.. belajar di kelas berasa enjoooy sekali dan tidak tertekan.. belajarnya pun bisa sambil makan snack dan minum yang telah disediakan di kelas jadi belajarnya tidak menegangkan. Di Dasar Mustaqilli, setiap pertemuan diajarkan menulis, membaca, percakapan yang diajarkan dengan cara menyenangkan. Dan tiap pertemuan diberi bonus motivasi islami dan pengetahuan baru tentang islam dan kehidupan sehingga diri ini termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan belajar bahasa arab dengan semangat. Setelah ikut mustaqilli, hari sabtu dan minggu adalah hari yang saya tunggu – tunggu karena penasaran dengan ilmu bahasa arab pada materi selanjutnya”
Novia
Mahasiswi
 
Testimoni lainnya di http://mustaqilli.ulumuddin.com/testimonial/
 
Kabar baiknya !!!
 
Telah dibuka pendaftaran kelas baru
 
Bisa reg langsung dg isi form di http://mustaqilli.ulumuddin.com/pendaftaran/
 
???
Open House :
– Sabtu 14 Januari 2017
– Jam 13:00-15:30
– Universitas Al-Azhar Blok M lt. 3 ruang 317
*buruan daftar, tempat terbatas.
 
Info Open House 0818-201-142 SMS / WA
 
????????
 
Info lebih lanjut :
? Mustaqilli Indonesia Arabic Center (IAC)
? Mustaqilli Center : Jl. Margasatwa No.58B kel. Pondok Labu kec. Cilandak – Jakarta Selatan
? +62 878-7002-0008
? +62 818 201 142
? +62 811 977 2407
? http://mustaqilli.ulumuddin.com
? http://youtube.com/user/mustaqilli
? https://www.facebook.com/iacmustaqilli
KURSUS BAHASA ARAB ONLINE (2)

KURSUS BAHASA ARAB ONLINE (2)

1 Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

× Tanya aja disni !